3 Cara Cepat Mengecilkan Pori-Pori Muka Dengan Mudah

3 Cara Cepat Mengecilkan Pori-Pori Muka Dengan Mudah – Tahukah kamu kalau ukuran pori-pori kulit didasari oleh faktor keturunan genetik? Namun, ketika kotoran, minyak, dan sisa riasan wajah mengendap di dalamnya secara terus menerus, maka ukuran pori-pori kulit akan ikut mengalami peregangan.

3 Cara Cepat Mengecilkan Pori-Pori Muka Dengan Mudah

Belum lagi perubahan bentuk dan bobot tubuh yang terjadi juga membuat ukuran pori-pori kulit semakin membesar. Beruntung, ahli dermatologi asal New York, Shari Marchbein, M.D,  memaparkan bagaimana cara meminimalkan tampilannya agar wajah kamu tampak flawless.

1. Eksfoliasi

Saat melakukan eksfoliasi, sel-sel kulit mati yang mengendap di dalam pori-pori bisa turut terangkat. Menurut Dr. Marchbein, perawatan tersebut adalah cara termudah untuk mengurangi ukuran pori-pori.

Kalau kamu memiliki masalah dengan jerawat, gunakan produk chemical peeling yang mengandung beta hydroxy acid, karena ampuh mengontrol kelebihan minyak dan sel kulit mati. Untuk penggunaan sehari-hari, sebaiknya kamu menggunakan formula alpha hydrox acids yang berfungsi memecah struktur sel-sel kulit mati, sehingga wajah kamu tampak lebih halus.

2. Kontrol Minyak

Minyak adalah salah satu komponen yang ikut mengendap dan menyebabkan pori-pori kulit tampak besar. Kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan produk yang mengandung bahan clay atau charcoal, karena bekerja seperti magnet untuk menarik minyak, kotoran, bahkan bakteri. Temukan bahan tersebut pada produk masker wajah dan jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan jenis kulit kamu, ya!

3. Tingkatkan Kolagen

Seiring bertambahnya usia, tingkat kekenyalan protein dalam kulit mengalai penurunan. Menurut Dr. Marchbein, kolagen adalah salah satu komponen terkuat yang berperan mengencangkan kulit. Saat kekuatannya melemah, maka pori-pori kulit kamu juga menjadi lebih mudah merenggang dan membuat tekstur kulit wajah tidak sempurna.

Perawatan microneedling dan laser ringan dapat menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kolagen. Keduanya memberikan efek cedera mikorskopis ke dalam lapisan kulit, sehingga memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen demi penyembuhan. Cara lain yang disarankan oleh Dr. Marchbein adalah penggunaan produk skincare retinoid atau melakukan injeksi filler. Tertarik?